5 Hal yang Harus diperhatikan dalam Menghadapi Wawancara Kerja

Dalam proses perekrutan pegawai baru tiap perusahaan melakukan beberapa tahapan untuk melakukan seleksi bagi pelamar pekerjaan. Ada beberapa tahap seleksi, mulai dari tes tertulis (psikotest), interview, sampai tes kesehatan (kalau perusahaan bagus). Tidak semua pelamar bisa lulus dalam tes-tes tersebut.

Ada juga perusahaan yang langsung mengadakan tes interview atau wawancara. Karena tes tertulis dinilai hanya membuang waktu dan kurang objektif.

Ada baiknya sebelum melakukan wawancara, pelamar kerja membaca artikel ini terlebih dahulu.

Ada 5 faktor penting yang harus diperhatikan sebelum dan ketika melakukan wawancara pekerjaan, yaitu:

1. Sikap mental

think positive

think positive

Seorang pelamar kerja haruslah memiliki rasa percaya diri yang tinggi tetapi jangan berlebihan. Harus mengerti posisi apa yang dilamar (ya iyalah). Dan memiliki pengetahuan mengenai seluk beluk perusahaan yang dilamar. Ketika bertemu dengan si pewawancara, jabatlah tangannya dengan tegas (jangan loyo) untuk menandakan Anda orang yang penuh antusias.

2. Penampilan

Penampilan itu penting

Penampilan itu penting

Seperti kata sebuah iklan parfum di televisi, “Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda”. Kata-kata itu tidak mengada-ada, itu ada benarnya juga. Pada umumnya, ketika bertemu dengan orang baru atau orang yang belum dikenal lama, orang akan menilai penampilan kita terlebih dahulu. Walaupun terkadang penampilan bisa menipu.

Ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dari penampilan:

Item yang diperhatikan Bekerja di kantor Bekerja di lapangan
Gaya rambut Usahakan potongan rambut sedikit rapi dari pada biasanya, gunakan minyak untuk menatanya sedemikian mungkin agar kelihatan lebih klimis. Rambut gondrong dengan muka yang brewokan lebih dipertimbangkan karena menimbulkan kesan berwibawa
Baju yang dipakai Gunakan kemeja lengan panjang dengan bekas setrikaan yang tajam. Kalau punya dasi sebaiknya dipakai dan warnanya serasi dengan baju Sebaiknya gunakan baju lengan panjang yang tangan bajunya di lipat sampai ke siku. Ini mencerminkan orang yang rajin dan giat bekerja
Celana Gunakan celana bahan berwarna gelap. Bahannya yang tidak gampang kusut Jeans berwarna gelap dan belel sangat diperhitungkan.
Sepatu Sepatu pantofel warna hitam atau cokelat. Usahana disemir sebelum berangkat wawancara. Gunakan sepatu lapangan.

3. Senyuman

Tersenyum, tapi jangan senyum-senyum sendiri

Tersenyum, tapi jangan senyum-senyum sendiri

Dengan tersenyum, calon karyawan bisa menambah daya tariknya. Tersenyumlah karena senyum itu sebagian dari ibadah. Ingat kepada siapa kita tersenyum. Jangan senyum-senyum sendiri, nanti Anda langsung disuruh pulang tanpa diwawancara lagi. Senyum yang tulus akan menggambarkan Anda seorang yang ramah dan mudah bergaul. senyum yang dibuat-buat biasanya akan ketahuan sendiri dan sering membawa luka.

4. Kontak mata dan sikap mendengar yang baik

Kontak Mata, dan menjadi pendengar yang baik

Kontak Mata, dan menjadi pendengar yang baik

Tataplah mata si pewawancara Anda. Itu menandakan Anda mempunyai sikap perhatian. Dengarkan baik-baik setiap perkataan dan pertanyaan yang diutarakannya. Jangan sampai si pewawancara mengulang pertanyaannya 3 kali. Jangan alihkan pandangan mata Anda ke tempat yang tidak-tidak, karena nanti akan dianggap tidak sopan.

5. Ketenangan

ketenangan

be calm, be confident.

Ini merupakan kunci sukses menghadapi wawancara. Aturlah napas Anda sedemikan rupa agar tercipta ketenangan. Beri jeda sekitar 3 detik sebelum menjawab setiap pertanyaan. Jawaban Anda akan terkesan penuh analisis dan matang.

Kesimpulannya, kalau Anda bisa dengan tulus dan baik melaksanakan kelima hal di atas, ada “kemungkinan” Anda lulus dan diterima bekerja. Jangan lupa senantiasa berdoa kepada Tuhan YME.
Temukan Blueprint Rahasia untuk Meraih Ribuan Dollar melalui Affiliate Marketing

Silakan lihat artikel lainnya…

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s