Pemeriksaan Slam Beton Segar

A.  Pendahuluan

Kelecakan (consistency) beton segar biasanya diperiksa dengan uji slam (slump). Dengan pemeriksaan slam diperoleh nilai slam yang dipakai sebagai tolok ukur kelecakan beton segar, yang berhubungan dengan tingkat kemudahan pengerjaan beton.

B.  Tujuan

Untuk mengetahui langkah dan besarnya nilai uji slam.

C.  Benda Uji

Benda uji berupa beton segar yang harus dapat mewakili beton segar yang akan diperiksa. Khusus untuk beton dengan diameter kerikil maksimum > 38 mm maka butiran yang > 38 mm harus dikeluarkan terlebih dahulu dengan ayakan basah.

D.  Alat

  1. Cetakan

Berupa kerucut terpancung dengan diameter dasar 20 cm, diameter atas 10 cm, dan tinggi 30 cm.

  1. Cetok.
  2. Mistar pengukur (penggaris dari baja).
  3. Alat pemadat.
  4. Tatakan untuk dasar cetakan.

E.  Pelaksanaan

  1. Corong dibasahi dengan air dan kemudian ditaruh ditempat yang rata, basah, tidak menyerap air, dan ruangan cukup bagi pemegang corong untuk secara kuat dan berdiri pada kedua kaki selama pengisian corong dilakukan.
  2. Corong cetakan diisi 3 lapis, masing-masing sekitar 1/3 volume corong. Dengan demikian tebal beton segar pada setiap kali pengisian sekitar 6 cm, 15 cm, 30 cm. Setiap kali beton segar diisikan ke dalam cetakan, cetok atau sendok digerakkan mengelilingi bagian ujung atas-dalam corong agar diperoleh penyebaran beton segar dalam corong yang merata. Setiap lapis beton segar ditusuk dengan alat penusuk sebanyak 25 kali. Penusukan diusahakan secara merata selebar permukaan lapisan dan tidak boleh masuk sampai lapis beton sebelumnya.
  3. Setelah lapis beton segar yang terakhir selesai ditusuk, kemudian beton segar dimasukkan lagi ke bagian atas, dan diratakan hingga rata dengan sisi cetakan. Kemudian alas disekitar corong dibersihkan dari beton segar yang tercecer.
  4. Setelah ditunggu sekitar 30 detik, kemudian corong ditarik ke atas dengan pelan-pelan dan hati-hati sehingga benar-benar tegak ke atas.

Download selengkapnya DISINI!

Baca artikel lainnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s