Korelasi Tipe Mahasiswa dg Skripsi yang Dianut.

Melakukan suatu pekerjaan yang tidak disukai atau tidak ikhlas melakukannya tentu akan terasa nyesek (sesak di dada, bukan termasuk jenis penyakit). Memilih judul skripsi, sama halnya dengan memilih pendamping hidup. Yang namanya pendamping hidup itu hanya satu, dan itu untuk selamanya. Judul skripsi akan menjadi rekam jejak mahasiswa selama menempuh pendidikan. Namanya akan selalu diingat dan tercantum di database perpustakaan kampus. Kalau melakukan blunder dalam memilih, bisa-bisa cerai ditengah jalan.

Ada beberapa tipe mahasiswa dalam memilih skripsi yang mereka inginkan. Dan ini ada hubungannya dengan kepribadian mahasiswa tersebut:

  • Mahasiswa tipe idealis
idealis
Mahasiswa idealis

Mahasiswa tipe idealis, kalau memilih judul skripsi pasti memilih judul yang lumayan sulit. Yang bahasanya tingkat dewa. Dan dosen pembimbing yang dipilihpun bukan dari kalangan sembarangan (juga kalangan Dewa). Alasan mahasiswa idealis ini melakukan hal itu adalah agar image idealis yang sudah lama dibangunnya ketika menjadi mahasiswa, tidak luntur akibat salah memilih judul skripsi dan dosen pembimbing. Mahasiswa tipe ini lebih mengandalkan otak dalam pengerjaan skripsi. Contoh mahasiswa yang idealis adalah Soe Hok Gie.

  • Mahasiswa tipe realistis
realistis
realistis = real madrid

Cukup gampang mengetahui mahasiswa tipe ini. Semua sikap dan perbuatannya selalu bertolak belakang dengan mahasiswa tipe idealis. Mereka cenderung memilih judul skripsi yang gampang dengan dosen pembimbing yang juga gampang diatur. Mahasiswa tipe ini lebih mengandalkan tenaga dan uang dalam mengerjakan skripsinya. Tak jarang mahasiswa tipe ini lulusnya tepat waktu.

  • Mahasiswa tipe oportunis
oportunis
oportunis

Mahasiswa tipe ini selalu beruntung. Mereka berada diantara mahasiswa idealis dan naturalis. Mereka tidak pernah memilih judul dan dosen pembimbing. Biasanya ditentukan oleh akademik. Dalam hal asistensi pun terhitung sangat jarang, tetapi skripsinya tetap saja selesai tepat waktu. Mahasiswa ini lebih cenderung seperti mahasiswa tipe idealis, biasanya mereka lulus hampir berbarengan.

  • Mahasiswa Tipe last man standing
last_man_standing
last_man_standing = terakhir berdiri

Mahasiswa tipe ini biasanya masa bodo dengan yang namanya skripsi. Mereka lebih mementingkan realita kehidupan. Walaupun ketiga tipe mahasiswa di atas sudah memperoleh gelar akademisnya, ia tetap tak akan gentar. Karena biasanya mahasiswa tipe ini tergolong mapan. Kalau bukan karyawan bergaji tinggi, berarti dia anak orang kaya. Mereka biasanya sudah tidak punya motivasi lagi dalam menyelesaikan kuliah. Semua kenikmatan bisa mereka peroleh tanpa harus susah-susah belajar. Dan, mereka diluluskan ketika jatah semester mereka sudah tandas.

 Anda termasuk TIPE yang mana?

Baca artikel lainnya…

2 thoughts on “Korelasi Tipe Mahasiswa dg Skripsi yang Dianut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s