Pengaruh Hobi pada Departemen yang Dilamar

Saya tau waktu Anda sangat singkat dan sibuk, sehingga tidak sempat membaca sekarang. Jadi Bookmark saja dulu dengan menekan Crtl+D.🙂

Pada waktu menulis CV (Curriculum Vitae), biasanya Anda menulis tentang hobi Anda bukan?

Jangan anggap ini masalah sepele. HRD yang jeli, akan memperhatikan hal-hal yang sekecil apapun, termasuk itu kolom hobi.

Jika Anda sudah berpuluh bahkan beratus kali mengirimkan CV namun tidak pernah mendapat panggilan tes, meskipun sekedar panggilan tes kuping, berarti ada yang salah dengan CV Anda, bisa jadi hobi Anda tidak sesuai dengan jenis departemen yang Anda lamar.

Berikut ada beberapa pengaruh hobi pada dinas yang dilamar:

  • Jika Anda melamar pekerjaan pada sebuah instansi yang bergerak di bidang kelautan (misal; Departemen kelautan dan perikanan), ada baiknya Anda mengisi hobi Anda dengan Berenang, memancing, selancar, dan hal-hal yang berhubungan dengan air, sekalipun Anda tidak menyukainya. Itu akan memberikan nilai tambah bagi anda. Tetapi hati-hati jika Anda dites berenang.

    logo-departemen-perikanan-dan-kelautan
    logo-departemen-perikanan-dan-kelautan
  • Jika Anda melamar pekerjaan pada Departemen Perhubungan, Anda sebaiknya mengisi hobi Anda dengan; Balap mobil, modif mobil, nonton moto GP dan travelling, dsb. Jangan sekali-kali memasukkan hobi sebagai anggota geng motor dalam CV Anda, karena citranya lagi jelek. dan masuk klub mobil juga sebenarnya jangan Anda tuliskan, karena mencerminkan Anda anak orangkaya dan tidak serius melamar kerja.

    Logo-Departemen Perhubungan
    Logo-Departemen Perhubungan
  • Jika Anda melamar pekerjaan pada Dinas Perdagangan, pastikan hobi Anda adalah berdagang, misalnya dengan mancantumkan nama akun Anda yang di Forum jual-beli Kaskus atau toko bagus. Pastikan juga reputasi Anda di sana bagus, jangan Newbie apalagi banyak ditimpuk bata. Rajin-rajinlah meminta cendol pada agan-agan yang lain.

    logo Departemen Perdagangan
    logo Departemen Perdagangan
  • Jika Anda melamar pada pekerjaan yang membutuhkan petualangan dan cinta alam seperti pada Dinas Kehutanan, isilah kolom hobi Anda dengan; Mendaki gunung, arung jeram, panjat tebing, dan Pramuka. Karena hobi-hobi seperti ini menggambarkan bahwa Anda bukan seorang anak yang manja. Masuklah ke KAPA

    Departemen Kehutanan - Dephut
    Departemen Kehutanan – Dephut
  • Departemen Pemuda dan Olahraga. Kebanyakan dari mahasiswa punya hobi olah raga. Jadi, buat diri Anda berbeda dengan yang lainnya. Jangan menuliskan kolom hobi dengan Futsal, sepak bola atau badminton, karena itu pasaran. Cobalah cari olahraga-olahraga yang langka dan menantang. Jadilah Purple Cow seperti yang dibilang Seth Godin.

    Kemenpora
    Kemenpora
  • Departemen Perindustrian.Mahasiswa yang hobi melakukan industri, berpelung besar bisa masuk ke sini. Misalnya sudah punya Industri rumah tangga sendiri (home industry), tetapi usahanya tidak maju atau bangkrut. Jika industri Anda sendiri sudah sukses, tak perlulah Anda capek-capek melamar kerja lagi.

    Departemen perindustrian
    Departemen perindustrian
  • Departemen Tenaga kerja dan Transmigrasi.Anda harus seorang yang giat dan ulet bekerja. Hobi anda harus banyak yang mencerminkan akan hal itu. Hobi Fitnes mungkin sangat bermanfaat, karena ada unsur Tenaga dan Kerja di dalamnya.

    Logo-Departemen-Tenaga-Kerja-dan-Transmigrasi
    Departemen-Tenaga-Kerja-dan-Transmigrasi
  • Departemen Keuangan.Ini kata orang lahan basah. jadi tidak ada salahnya Anda mempunyai hobi sama dengan hobi pada lamaran pekerjaan Dinas Kelautan dan perikanan. Atau bisa juga Anda hobi mencuci, karena biasanya ada anggota DPR yang minta uangnya dicuci (money loundry).

    Departemen keuangan
    Departemen keuangan
  • Yang terakhir, Departemen Pekerjaan Umum. Anda harus punya hobi yang pada umumnya manusia yang lain. Jika hobi Anda tidak umum, Anda bisa dianggap aneh dan tidak akan dipanggil untuk sesi wawancara.

    Departemen Pekerjaan Umum
    Departemen Pekerjaan Umum
  • Dan jika perusahaan yang Anda lamar mensyaratkan pelamarnya harus mempunyai disiplin yang tinggi, bersedia bekerja dibawah tekanan, patuh terhadap jam kerja, dan bersedia dibayar murah, maka sebaiknya Anda tidak mengisi kolom hobi.

Apa hobi Anda?:)

11 thoughts on “Pengaruh Hobi pada Departemen yang Dilamar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s