Motivation Letter untuk Beasiswa yang pasti diterima

Motivation letter adalah sebuah alasan untuk menguatkan kita atau apa yang membuat kita pantas mendapatkan hal yang dimaksud.

Berikut adalah Motivation letternya Andrea Hirata yang saya ambil dari novelnya; Edensor. Ini ia tulis agar mendapatkan beasiswa kuliah luar negri di Sorbonne, France.

“Akan saya sumbangkan seluruh ilmu dan pengalaman riset yang saya dapatkan di Sorbonne demi kemajuan nusa dan bangsa, demi tanah tumpah darah saya! Tak berlebihan saya sampaikan bahwa secara diam-diam, sebenarnya saya telah lama bercita-cita ingin mencurahkan seluruh kemampuan yang saya miliki, tak digajipun tak apa-apa, demi mengangkat harkat dan martabat umat manusia yang masih terbelakang di negeri saya, negeri yang benar-benar saya cintai dengan sepenuh jiwa”.

Saya yakin, siapapun yang membaca Motivation letternya akan tersentuh dan akan menerima permintaannya. Terlebih pada bagian “tak digajipun tak apa-apa”.

Ini pantas ditiru.

Baca artikel lainnya…

Leave a Reply

