Modul Kuliah Struktur Beton

Percakapan di Facebook…

Tubagus Gandhi Ahmadi

dewa-dewa teknik sipil yang saya hormati, momen negatif dan momen positif itu apa ya? dalam perhitungan balok contohnya, perannya seperti apa, terimakasih sebelumnya, ditunggu yak wejangannya🙂

Aldo Tumbuan itu seperti kode (tanda), bisa dibilang perjanjian saja. misal klo searah jarum jam (+), sebalknya berlawanan jarum jam (-). itu harus seperti itu sampai selesai perhitungan. jgn pernah berubah sama skali. jgn di lantai 1 misalkan searah jarum jam (+), lantai 2 kamu putar jadi (-). kira2 semacam itu..

Aldo Tumbuan logikanya, apa ada suatu benda beratnya (-) ????? misalkan, berat karung beras (-) 500 kg …. hahahhaha,… jadi (+/-) dalam perhitungan struktur hanya sebagai tanda.
Afret Nobel yap setuju. menambahkan:
Dalam perhitungan balok jika menggunakan software SAP atau Etabs, momen negatif “biasanya” terletak di tumpuan-tumpuan, sedangkan momen positif pada lapangan/tengah bentang. Itu sama saja, tanda + dan – hanya buat membedakan dan mengecek apakah pekerjaan di software sudah benar atau belum. (jangan salah memasukkan beban).
Muhammad Arif Acip biasanya yg bertanda positif itu apabila serat tertarik,kalau negatif itu biasanya serat yg tertekan CMIIW
Tubagus Gandhi Ahmadi saya rasa jawaban bang Muhammad Arif Acip sudah mewakili pertanyaan saya, momen positif menandakan bagian balok yg tertarik, momen negatif menandakan bagian balok yg tertekan, sehingga perlu penulangan untuk menjaga balok tetep kokoh, bener ga pernyataan saya bang Aldo Tumbuan? hehe
Begitulah sedikit cuplikan debat tentang ilmu yang tak tau ujungnya, hehehe.
Berhubung ini ada hubungannya dengan mata kuliah Struktur Beton, oleh karena itu saya tampilkan file-file modul kuliah Struktur Beton.
Silakan Di Download

2 thoughts on “Modul Kuliah Struktur Beton

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s