Dosen Gaul M. Noer Ilham (Alm)

M. Noer Ilham
M. Noer Ilham (Alm)

MNI – M. Noer Ilham (Alm) adalah salah satu dosen saya sewaktu saya masih kuliah di Diploma Sipil UGM. Beliau mengampu mata kuliah struktur bangunan dan jembatan. Beliau adalah dosen yang cukup disegani karena ilmunya tinggi. Banyak sudah proyek jembatan dan gedung yang sudah beliau bangun. Beliau juga aktif di dunia maya dengan 3 akun facebook dan blog.

Bapak MNI bertubuh gempal dan berisi. Suaranya juga tegas mengerikan. Kalau mengajar di kelas selalu menghisap rokok. Beliau suka bercanda dengan mahasiswa. Misalnya ketika akan keluar dari kelas, beliau pura-pura nabrak pintu, jedeeeeerrr… spontan kami semua kaget. “Gundulmu”, kata-kata yang juga sering beliau ucapkan ketika ada mahasiswa yang ngeyel dan tidak bisa menjawab pertanyaan yang beliau berikan.

Pertama kali kenal beliau saat semester 1 (tahun 2005). Beliau mengajar mata kuliah Fisika Terapan. Cara mengajarnya terkesan killer. Kalau ada mahasiswa yang tidak memperhatikan, maka kapur tulis atau penghapusnya akan melayang. Tidak hanya itu, mahasiswa yang tidak memperhatikan beliau mengajar, akan dibentak dan disuruh maju ke depan kelas untuk menyelesaikan soal. Sepertinya mau makan orang saja.

Ketika kelasku mengadakan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) ke Surabaya dan Bali, beliau adalah salah seorang dosen yang ikut. Kami pergi KKL selama sekitar 1 minggu menggunakan bus pariwisata. Menurut cerita-cerita dari kakak kelas terdahulu, bapak MNI tidak pernah pulang bareng dengan mahasiswanya ke Jogja jika ikut KKL, beliau biasanya memilih pulang naik pesawat. Tetapi saat itu beda, beliau ikut kami dari berangkat sampai pulang ke Jogja lagi.

Aku sempat memilih beliau sebagai dosen pembimbing tugas akhir, dengan tema jembatan. Tetapi di tengah jalan aku merasa tidak “sreg” dengan tema tugas akhir yang aku ambil. Aku bicara kepada beliau kalau aku ingin mengundurkan diri dari bimbingannya dan memilih Pak Hotma Prawoto sebagai dosen pembimbing, dan beliau oke-oke saja.

Terimakasih Pak M. Noer Ilham atas ilmu dan bimbingan yang telah diberikan, semoga engkau mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya.

Silakan lihat artikel lainnya…

4 thoughts on “Dosen Gaul M. Noer Ilham (Alm)

  1. Almarhum adalah salah satu dosen ter-“nyentrik” yang pernah saya kenal, sekaligus orang pertama yang memberikan pekerjaan buat saya..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s