5 Saran Penting Memilih Dosen Pembimbing Skripsi

Skripsi/tugas akhir merupakan syarat yang diperlukan oleh mahasiswa untuk lulus dari perguruan tinggi. Skripsi pada jurusan teknik sipil bisa berupa penelitian ataupun analisis data. Skripsi itu gampang-gampang susah, butuh mood yang bagus untuk bisa mengerjakannya, karena biasanya skripsi itu tanpa deadline.

Memilih Dosen Pembimbing Skripsi
Memilih Dosen Pembimbing Skripsi

Memilih dosen pembimbing skripsi juga gampang-gampang susah. Diperlukan berbagai pertimbangan agar kita tidak salah langkah yang ujung-ujungnya telat lulus. Sebelum memutuskan untuk memilih dosen skripsi, silakan baca beberapa saran berikut ini:

1. Pilihlah dosen yang sesuai bidang yang Anda minati.

Jika Anda memilih skripsi struktur, maka pilihlah dosen yang mengajar ilmu struktur. Jika Anda memilih skripsi manajemen, maka pilihlah dosen yang mengajar manajemen, dst. Itu sudah hukum alam. Jika Anda memilih skripsi struktur dan berharap bimbingan pada dosen manajemen, maka celakalah. Bisa-bisa Anda tidak mendapatkan apa-apa.

2. Pilihlah dosen yang benar-benar expert/master

Memilih dosen yang expert/master adalah sangat dianjurkan. Karena dosen seperti ini bisa menjadi pembimbing yang baik. Dosen yang expert mengerti semua persoalan yang dihadapi mahasiswa. Sehingga dalam pemecahan masalah, tidak perlu lagi bertanya pada dosen lain. Dosen yang expert biasanya sangat disegani oleh dosen-dosen lainnya, ini akan sangat membantu Anda ketika menghadapi sidang.

3. Pilihlah dosen yang mementingkan mahasiswa

Tidak semua dosen mementingkan mahasiswa. Banyak dosen yang lebih mementingkan proyek di luar ketimbang memikirkan mahasiswa yang dibimbingnya. Proyek di luar jelas-jelas lebih menguntungkan daripada menjadi dosen pembimbing Anda. Alangkah baiknya dosen yang mementingkan mahasiswa. Hidupnya benar-benar didedikasikan untuk mendidik. Terpujilah dosen-dosen yang seperti itu.

4. Pilihlah dosen yang sering berada di kampus

Dosen juga manusia biasa. Mereka juga punya kehidupan sendiri. Tidak selamanya dosen berada di kampus. Ada dosen yang juga menjadi dosen tamu di kampus lain. Dosen seperti ini susah ditemui untuk konsultasi karena terlalu sibuk. Ada juga dosen yang sering berpergian ke luar kota/luar negeri karena alasan proyek atau mengisi kegiatan di tempat lain. Maka dari itu, pilihlah dosen yang sering berada di kampus untuk memudahkan jadwal konsultasi.

5. Pilihlah dosen killer sekalian

Dosen killer adalah sebutan untuk dosen yang mengerikan. Dosen yang punya peraturan sendiri dan pelit terhadap nilai. Dosen menjadi killer karena merasa dirinya terlalu tinggi dan menganggap bodoh semua mahasiswa. Mengapa kita harus memilih dosen killer? Agar nanti ketika sidang, dosen killer tersebut tidak menjadi dosen penguji kita, cukuplah ia menjadi dosen pembimbing saja. Dan Anda tidak akan terlalu kaget dengan gertakan dosen penguji Anda karena sudah terbiasa dengan dosen pembimbing yang killer.

Ingat, dosen hanyalah sebagai pembimbing Anda. Kelulusan Anda, Anda sendiri yang menentukan.
Download GRATIS PDF dan 3 Video Kaya dari Properti TANPA MODAL

Silakan lihat artikel lainnya…

2 thoughts on “5 Saran Penting Memilih Dosen Pembimbing Skripsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s