5 Faktor Penting Dalam Memilih Kos-kosan

Sebagai perantau di negeri orang, baik sebagai mahasiswa ataupun karyawan, kos-kosan atau rumah sewaan adalah tempat utama sebagai pengganti rumah sebenarnya. Kos-kosan sebagai tempat melepas lelah setelah seharian beraktifitas. Tanpa kos-kosan, mahasiswa atau karyawan perantau bukanlah siapa-siapa, kecuali mereka punya sanak famili yang bisa ditumpangi di perantauan tersebut.

Kos-kosan juga merupakan tempat bersosialisasi selain di kampus atau di tempat kerja. Kosan-kosan cukup berpengaruh terhadap mood orang yang menempatinya. Jika kos-kosan baik, maka baik pulalah kepribadian orang tersebut. Sebaliknya, jika kos-kosan buruk, maka buruk pula kepribadian orang tersebut, pengaruh lingkungan namanya.

Jangan salah memilih kos-kosan, sekali Anda salah langkah  maka Anda akan menyesal setidaknya sampai masa uang sewa kos berakhir. Ada baiknya sebelum memilih kos-kosan, pertimbangkan 5 faktor di bawah ini:

1. Lokasi

 

Lokasi yang tepat itu...
Lokasi yang tepat itu…

Memilih kos-kosan hampir sama seperti membeli properti karena ianya juga properti. Faktor 7L yang sering didengung-dengungkan Mbak Feni Rose setiap akhir pekan di televisi, yaitu lokasi, lokasi, lokasi, lokasi, lokasi, lokasi, lokasi, dan lokasi. (coba teliti lagi, ada berapa L nya?). Ya, lokasi sangat menentukan sekali. Sebaiknya, pilihlah lokasi kos-kosan yang dekat dari kampus atau tempat kerja Anda. Selain menghemat waktu (perjalanan), lokasi yang dekat juga bisa menghemat bensin dan tenaga. Intinya hemat uang.

Selain itu, faktor resiko di perjalanan juga harus diperhitungkan. Mulai dari ban motor bocor sampai kepala yang bocor. Tetapi satu yang harus Anda ingat, harga naik setiap hari senen.

2. Keamanan

Keamanan (safety first)
Keamanan (safety first)

Apa artinya lokasi kos-kosan yang dekat dari kampus atau tempat kerja jika ternyata keadaannya tidak aman. Maling, rampok dan sejenisnya bebas keluar masuk di sana. Sendal yang hilang sebelah karena dilarikan anjing tetangga yang lupa diikat. Sampai CD di  jemuran yang raib entah kemana. Hati akan selalu dag dig dug, ketakutan, dan resah. Kalau salah-salah, nyawapun akan hilang dari badan.

Pilihlah kos-kosan yang ada penjaga kos-nya, ada pagar yang selalu dikunci rapat, syukur-syukur ada alarm anti maling dan/atau CCTV. Pilihlah kos-kosan yang menerapkan K3 seperti proyek konstruksi (keamanan, keselamatan dan kesehatan). Safety factor (SF) > 2,5.

3. Kenyamanan

Kenyamanan
Kenyamanan

Kenyamanan juga tidak kalah pentingnya. Pastikan Anda bisa beristirahat dengan nyaman di kos-kosan. Hindari lokasi yang terlalu dekat dengan jalan raya yang ramai karena akan berisik dan mengganggu istirahat Anda. Seandainya sudah terlanjur, siasati dengan memasang wallpaper peredam suara di dinding kamar. Jika kos-kosan Anda sudah sejuk dan banyak pepohonan, anggap aja itu sebagai bonus karena kos-kosan seperti itu sudah jarang ditemui di kota besar.

4. Fasilitas

Fasilitas
Fasilitas

Lokasi sudah dekat dari kampus atau tempat kerja, aman, nyaman pula, setelah semua itu terpenuhi, tanyakan fasilitas apa yang Anda dapatkan di sana. Misalnya apakah disediakan ruang tamu? Apakah disediakan kasur dan ranjang/dipan? Apakah ada lemari pakaian dan meja belajar? Apakah disediakan kucing untuk mainan?  Apakah kamar mandinya ada bathtube? Listrik gratis? Itu semua namanya fasilitas. Pastikan semua fasilitas itu sudah include dalam pembayaran bulanan.
Mau Beli Properti TANPA MODAL Sendiri? Pelajari Property Cash Machine System Secara Online DARI MANA SAJA dan KAPAN SAJA!!

5. Harga

ada rupa ada harga
Harga, ada rupa ada harga

Seperti kata pepatah jawa “ono rupo ono rogo” yang lebih kurang artinya “ada rupa ada harga”. Untuk mendapatkan kos-kosan yang memenuhi ke empat kriteria di atas tentunya membutuhkan budget yang lumayan. Masksimal pengeluaran untuk biaya kos-kosan adalah 15% dari biaya hidup keseluruhan. Jika ternyata lebih dari itu, gantilah kos-kosan Anda karena akan mengganggu neraca keuangan Anda. Jangan sampai besar kepala dari pada helm-nya.

Paling tidak pilihlah kos-kosan yang MANUSIAWI.
Temukan Blueprint Rahasia untuk Meraih Ribuan Dollar melalui Affiliate Marketing
Baca artikel lainnya…

4 thoughts on “5 Faktor Penting Dalam Memilih Kos-kosan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s