Derita Dosen Universitas Swasta

Saat itu saya sedang duduk di sebuah bangku tunggu. Menunggu seseorang yang sangat penting, karena menyangkut masa depan kuliah saya. Kalian tahu siapa yang saya tunggu? Ya, benar.…. Kalian gak tahu. Ia adalah dosen pembimbing skripsi. Tapi kali ini saya tidak akan membicarakan beliau.

Saat itu saya tidak sendirian, di samping saya duduk seorang lelaki yang kira-kira berumur sekitar 35 tahunan (kelihatan kok). Tubuhnya tidak terlalu besar dan tidak terlalu putih. Saya angkat bicara untuk memecah kesunyian ruang tunggu, dan terjadilah perbincangan:

Selanjutnya saya (NBL) dan lelaki itu (DSN):

NBL: Lagi nunggu siapa, Pak?

DSN: Nunggu dosen pembimbing saya

NBL: Bapak masih kuliah? Kan sudah tua? (dramatisir saja, aslinya bukan ini)

DSN: Iya, saya ambil S2 Teknik Sipil.

NBL: Owh… nyambi kerja atau bagaimana? (sedikit kepo)

DSN: Iya, saya dosen

Ternyata beliau seorang dosen di sebuah perguruan tinggi di daerah timur, sebut saja inisial daerahnya Gorontalo.

NBL: Keren dong pak jadi dosen.

DSN: Jadi dosen di universitas swasta susah mas. Kita gak bias idealis.

NBL: Maksudnya?

DSN: Kita dituntut oleh rector untuk memberikan nilai yang bagus pada mahasiswa sekalipun mahasiswa itu dapat nilai jelek saat ujian. Minimal mereka harus dikasi nilai yg lulus.

NBL: Kok begitu?

DSN: Ya namanya swasta, mas. Kalo kita kasih nilai jelek dan pada gak lulus, nanti gak ada yang mau kuliah lagi di sini. Kan kita bergantung dari mahasiswa untuk biaya operasional dll. Bisa bangkrut ini kampus kalau gak ada yang mau kuliah lagi. Pernah suatu ketika, setelah selesai ujian, saya belum keluarkan nilai mahasiswa, tau-tau nilai mereka sudah keluar. Saya gak punya wewenang penuh terhadap penilaian mahasiswa.

NBL: Owh begitu….

Noted: Artikel ini berdasarkan kisah nyata dan tidak dimaksudkan menjelek-jelekan suatu pihak. Anda bisa menilainya…

Baca artikel lainnya…

One thought on “Derita Dosen Universitas Swasta

Leave a Reply

