Fitur Auto Select List pada Etabs

Dulu saya pikir dalam mendesain penampang profil baja pada kuda-kuda  jenis rangka (truss) itu harus dengan cara trial and error, mengingat jumlah rangkanya yang relatif banyak. Setelah itu saya mencoba mencari sebuah fitur pada program ETABS yang bisa dimanfaatkan dalam mendesain penampang profil baja tersebut tanpa harus trial and error. Sekarang setelah menemukan caranya, jangankan seratus batang profil berbeda, seribu batang saja tidak menjadi masalah.

Begitu juga dalam mendesain struktur baja lainnya, jika sudah dihadapkan pada jumlah batang (member) yang banyak dan seringkali tidak tipikal, maka dalam menentukan ukuran penampang profilnya sangatlah sulit. Karena beda bentang, beda kekakuan, beda tributary area, beda perletakan, beda tegangan dan sebagainya membuat batang (member) tersebut berbeda ukuran penampangnya.

Jika Anda mencoba menggunakan cara manual dalam menentukan ukuran penampang profilnya, tentu akan memakan waktu yang sangat lama, karena Anda harus memilih satu persatu batang (member) tersebut untuk diganti. Tidak hanya batang yang overstress, Anda juga harus mengganti batang (member) yang boros agar diperoleh hasil desain yang optimal.

Auto Select List, sebuah fitur yang ada pada program ETABS adalah sebuah fitur yang membantu Anda dalam memilihkan ukuran penampang profil berdasarkan tegangan yang terjadi pada batang (member) tersebut.

Pemilihan yang dilakukan pada program hanyalah sebagai alat bantu saja, keputusan akhir dalam menentukan ukuran profil ada pada Anda. Pada desain struktur yang nyata di lapangan, Anda harus menentukan profil mana yang optimal untuk desain Anda. Ada banyak pertimbangan yang diperlukan, seperti: keseragaman penampang, ketersediaan bahan, kemudahan pengerjaan, biaya yang terjadi dan sebagainya.

Itulah tugas Anda sebagai Engineer, sekali lagi ETABS hanyalah alat bantu.

Silakan download panduannya DISINI

Silakan lihat artikel lainnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s