Jangan Kerja Di kontraktor Sebelum Membaca Ini

Anda lulusan teknik sipil? Berniat berkarir di perusahaan kontraktor? Atau masih bingung memutuskan mau berkarir di mana?

konsultan perencana struktur
Kontraktor VS Konsultan

Kontraktor bangunan atau pelaksana bangunan adalah bagian dari sebuah proyek. Kontraktor bertugas melaksanakan pekerjaan fisik proyek di lapangan yang direncanakan oleh konsultan perencana. Jadi, kontraktor bekerja di lapangan dan konsultan perencana bekerja di kantor.

Berikut beberapa perbedaan bekerja di kontraktor dan bekerja di konsultan perencana:

Item Kontraktor/Pelaksana Konsultan Perencana
Bekerja di Outdoor Indoor
Ilmu yg didapat Praktek Teori
Jam kerja Padat Sedang
Tekanan Sangat Sedang
Resiko kesehatan Tinggi Sedang
Gaji Tinggi Sedang

Sedikit cerita pengalaman saya menjadi Site Engineer/Supervisor:

Waktu itu saya bekerja di sebuah kontraktor khusus installer Roofing and Cladding. Saya bertugas sebagai pengawas lapangan (bahasa kerennya supervisor). Tugas saya sehari-hari adalah memonitoring pekerjaan pemasangan atap dan dinding yang dilakukan oleh pekerja pada proyek bangunan PLTU di Cilegon, Banten.

Posisi perusahaan tempat saya bekerja adalah Sub-Contractor. Kami berada di bawah Main-Contractor sebuah perusahaan BUMN ternama (Inisialnya PP). Sedangkan pekerja (tukang) ada di bawah kendali saya. Jadi saya bertugas mengkoordinasikan antara Main-Con <> Sub-con <> Pekerja

Saya memberikan laporan kepada PP setiap kali diminta. Saya juga membelikan laporan harian, mingguan dan bulanan ke kantor tempat saya bekerja. Saya mengurusi opname pekerjaan pekerja-pekerja saya. Simpel bukan?

Menjadi supervisor/site engineer menurut saya lebih banyak bekerja memakai logika/emosi dan fisik daripada memakai teori/hitungan. Saya harus cepat memutuskan suatu perkara saat itu juga, jika tidak maka pekerjaan akan terhambat dan menimbulkan kerugian.

Jika di kantor kita bekerja berhadapan dengan komputer (red: benda mati, meskipun menyala), di lapangan kita berhadapan dengan orang. Lain orang lain watak dan perilakunya. Ternyata tidak mudah untuk mengarahkan/mengatur pekerja jika kita tidak tau seninya. Dan saya orang yang tidak tau seninya.

Saya tidak bertahan lama kerja di lapangan, belum genap setengah tahun saya sudah melambaikan tangan ke kamera. Sudah.
Download GRATIS PDF dan 3 Video Kaya dari Properti TANPA MODAL
Silakan lihat artikel lainnya…

10 thoughts on “Jangan Kerja Di kontraktor Sebelum Membaca Ini

  1. Sama sya juga pelaksana yg blum mengerti seninya karena dari dulu bkan jurusan sya. Kesulitannya sama udah hampir 1 tahun di kontraktor, udah mulai fase” stress ni bisa” out klo gk kuat

    Like

  2. Saya saat ini bekerja di PP lho, hehe. Saat ini saya sebagai site manager. Memang pusing dan tingkat stress kerja di Kontraktor luar biasa. Karena kita kerja dengan di batasi waktu kontrak serta resiko di lapangan yang tinggi. Resiko itu bisa keselamatan, biaya, mutu, dan waktu, dll.
    Berhubungan dengan banyak orang, mengarahkan orang memang tidak mudah, dan betul semua ada seninya.
    Penyebab Stress Kerja di kontraktor bisa bermacam-macam sebab:
    1. Waktu kerja yang tidak kenal waktu
    2. Jarang berkumpul dengan keluarga, atau istilahnya PAO (pasukan lali omah/pasukan lupa rumah), hehe
    3. Di pimpin oleh pemimpin yang arogan misalnya
    4. Masalah keuangan yang tidak beres dengan owner
    5. Claim pekerjaan tambah yang susah, atau klaim mutu dari owner
    6. Masalah sosial dengan warga atau preman
    7. Banyaknya laporan yang harus di buat dengan batas waktu yang sangat mepet
    8. Dll dll dll…..

    So, memang tidak perlu di paksakan jika memang kita tidak tahan stress terhadap lingkungan kerja. Yang penting kita bisa enjoy dan tempat di manapun kita kerja, dan yang pasti itu lebih baik dan lebih menghasilkan

    Like

Leave a Reply

