Nilai A hanya milik Tuhan

Di dunia perkuliahan, selain mencari ilmu kita juga mengharapkan nilai. Karena jamak diketahui jika ilmu itu tercermin oleh nilai, meskipun tidak selalu benar. Jika saat sekolah kita diberi nilai dengan angka 1 s/d 10 atau 10 s/d 100, maka saat kuliah kita dinilai dengan huruf A s/d E. A untuk nilai tertinggi dan E untuk nilai terendah.

Nilai A Hanya milik Tuhan
Nilai A Hanya milik Tuhan

Lain halnya jika penilaian ini diberikan oleh seorang dosen saya di Diploma Teknik Sipil UGM yang berinisial HPS, nilai tertinggi baginya adalah B, terendah E, sedangkan nilai A hanya milik tuhan.

Sewaktu saya kuliah di sana, tahun 2005-2009, beliau mengajar mata kuliah matematika teknik, struktur beton, dan struktur baja. Struktur beton dan struktur baja adalah mata kuliah yang menakutkan buat saya dan kebanyakan mahasiswa teknik sipil, bukan begitu?

Setiap selesai ujian, nilai akan ditempelkan di papan pengumunan di bawah tangga kampus. Kalau sudah Bapak HPS yang memberi nilai, biasanya komposisi nilainya adalah E dan D 45 %, C 50%, dan B 5%. Tipikal nilai dari dosen killer abad 20. Tapi Alhamdulillah saya masih termasuk di 50% sehingga saya lulus dengan nilai yang pas-pasan pada mata kuliah beliau.

Apakah Anda kenal dosen sejenis itu yang saya maksud?

Silakan lihat artikel lainnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s