3 Jalur Karier bagi Alumni Teknik Sipil

Kuliah di teknik sipil banyak suka dan dukanya. Suka karena memang inilah tujuan dari awal. Dukanya ternyata setelah kuliah di teknik sipil tidak bisa tidur nyenyak sepanjang semester.

Lupakan intermezo di atas, itu hanya pembuka pemanis saja. Intinya adalah berikut. Kemana sebaiknya jalur karier mahasiswa teknik sipil setelah lulus?

Urutan jalur karier berikut hanyalah gambaran, Anda tidak wajib mengikuti.

  1. Konsultan Perencana/pengawas
  2. Kontraktor/pelaksana proyek
  3. Developer/Owner

Sebaiknya setelah lulus dari kuliah, anak teknik sipil bekerja di konsultan perencana dulu. Karena di konsultan perencana kita diajarkan teori-teori yang berlaku. Tidak semua ilmu saat kuliah dipakai di sini. Ada penyesuaian-penyesuaian yang harus diketahui. Karena beda sekali antara mengerjakan tugas kuliah dengan mengerjakan sebuah proyek nyata. Jika tugas kuliah yang salah hitung, maka konsekuensinya adalah nilai jelek dan mengulang semester depan. Sedangkan jika sebuah project nyata salah hitung, tamatlah.

Setelah mengetahui teori-teori di atas kertas, walaupun sebenarnya tak akan cukup banyak tahun untuk belajar lagi, jalur berikutnya yang pantas dicoba adalah dunia kontraktor/pelaksana proyek. Disini kita mengimplementasikan apa yang pernah kita kerjakan selama di konsultan. Ooooo… begini ternyata hasilnya di lapangan. Anda akan semakin mengerti. Mengapa harus begini, mengapa harus begitu. Kalau saya lakukan ini apa yang terjadi, kalau saya buat begitu apa yang berlaku?
Affiliate Site Blueprint Home Study Course
Temukan Blueprint Rahasia untuk Meraih Ribuan Dollar dari Affiliate melalui Affiliate Marketing. Download PDF dan VIDEO GRATIS.

Setelah puas di dunia kontraktor, usia juga sudah tentu tidak muda lagi. Karena untuk melalui kedua tahap di atas agar matang minimal memakan waktu @2-3 tahun. Artinya waktu tersingkat adalah 4 tahun. Maka mulailah masuk ke dunia baru, developer.

Dengan berbekal pengalaman teori selama di konsultan dan praktek selama di kontraktor, maka menjadi developer sangatlah mudah. Karena Anda akan menjadi bos dari konsultan dan kontraktor tersebut. Anda akan berhadapan dengan kedua jenis makhluk tersebut, makhluk yang pernah Anda masuki jiwanya.

Tetap tidak mudah lepas dari satu posisi karir. Misalkan Anda sedari awal sudah memasuki dunia konsultan, maka Anda akan selalu merasa haus dan kurang dengan ilmu yang Anda punya. Merasa sudah betah dan nyaman sehingga tidak mau mencoba hal yang baru. Merasa bahwa inilah jalanku, jalan yang terbaik.

Pertanyaannya kemudian:

Bagaimana Anda bisa tahu itu jalan yang terbaik jika Anda tidak pernah mencoba yang lainnya? Siapa tahu Anda lebih sukses dibanding sekarang jika berada di jalur yang berbeda. (you get the point)

Sementara ada juga anak teknik sipil yang hanya berfokus pada satu karir. Dia ingin meniti karir tersebut sampai jenjang tertinggi. Takut memulai dari nol lagi karena keahlian yang diperlukan pada ke dua jalur berbeda (konsultan dan kontraktor). Sedangkan untuk ke developer adalah kurang sip jika Anda tidak pernah di konsultan atau di kontraktor.

Semua menjadi pilihan Anda. Hidup di dunia hanya satu kali. Hidup terlalu singkat untuk dilalui dengan pilihan yang salah. Salam sukses.
Temukan Blueprint Rahasia untuk Meraih Ribuan Dollar melalui Affiliate Marketing

Silakan lihat artikel lainnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s