Pantaskah kamu jadi Asisten Dosen?

Asisten dosen atau disingkat asdos adalah pembantu tugas dosen di kampus. Asisten dosen diangkat oleh dosen untuk meringankan tugasnya. Tugas-tugas rutin seperti praktikum di laboratorium dan memeriksa tugas-tugas mahasiswa. Tugas asisten dosen hanya mengajar, bukan mendidik.

Asisten Dosen

Asisten dosen biasanya diangkat dari mahasiswa tingkat atas yang sudah melewati mata kuliah yang dia ajarkan. Nilai asisten dosen pada mata kuliah yang dia ajarkan haruslah sempurna (A+) agar bisa meyakinkan mahasiswa yang diajarnya. Tidaklah mahasiswa akan menaruh hormat pada asisten dosen yang mendapatkan nilai C pada mata kuliah yang diajarkannya. Perlu dipertanyakan.
Temukan Blueprint Rahasia untuk Meraih Ribuan Dollar melalui Affiliate Marketing
Menjadi asisten dosen janganlah belagu (na na na na na, bukan menyanyi, tapi belagu). Anda itu cuma asisten, Anda itu cuma pembantu dosen, jadi apa yang Anda sombongkan?Apakah nantinya Anda tidak akan membutuhkan mahasiswa yang Anda ajar? Ingat, kita cuma terpaut satu angkatan, bisa jadi nanti di dunia kerja — kami punya kedudukan lebih tinggi dari Anda–oh Asdos.

Seyogyanya menjadi asisten dosen digunakan sebagai alat untuk menjalin keakraban dengan mahasiswa yang tingkat bawah. Karena apabila sudah akrab maka mahasiswa akan lebih respect dengan Anda. Asalkan jangan terlalu dekat. Ada batas-batas yang harus Anda patuhi selama menjadi Asisten dosen. Suatu saat Anda akan membutuhkan mereka juga.

Dilema menjadi Asisten dosen

Pernah waktu itu saat saya menjadi asisten dosen pada salah satu mata kuliah yang teman-teman saya satu angkatan ikuti (karena mengulang, percobaan pertama kurang mujur). Ya gimana ya? Namanya teman. Saya menjadi dilema dan hampir depresi saat memberikan nilai kepada mereka. Jiwa profesionalisme saya terusik. Dikasi nilai bagus, hasil mereka sebenarnya jelek. Dikasi nilai jelek, saya tidak tega. Akhirnya saya ambil jalan tengah.

Ada juga yang menjadi asisten dosen waktu itu orangnya belagu. Banyak perintah dan kaku. Peraturannya harus selalu diikuti meskipun dia salah. Orang seperti itu tidak pantas menjadi asisten dosen. Lihatlah dia sekarang, masih hidup.

Jadi asisten dosen kalau jelek jangan belagu, kalau cantik bolehlah.
Temukan Blueprint Rahasia untuk Meraih Ribuan Dollar melalui Affiliate Marketing

Silakan lihat artikel lainnya…

3 thoughts on “Pantaskah kamu jadi Asisten Dosen?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s