5 Hal Yang Harus Anda Pikirkan Sebelum Nitip Absensi

Pernah nitip absensi waktu kuliah?

Udah… ngaku aja!

absensi

Setiap mahasiswa pernah melakukannya. Justru kalau gak pernah Anda harus melakukannya.

“Kenapa?”

Karena masa-masa seperti itu tidak terulang dua kali.

“Kok malah ngajarin yang gak bener sih mas Nobel?” 

Siapa bilang nitip absensi itu tindakan yang tidak benar? Sebelum menghakimi, sebaiknya Anda baca dulu 5 hal yang harus Anda lakukan sebelum nitip absensi:

1. Pastikan bukan dosen yang teliti

Ini pengalaman saya sendiri waktu kuliah dulu. Ketika itu kuliah mekanika tanah. Salah saya sendiri tidak menyelidiki dulu perilaku dan kebiasaan Bapak Dosen. Ternyata Pak Dosen ini memang suka memeriksa kehadiran mahasiswanya. Artinya beliau peduli sama kita.

Satu-persatu presensi di bacakan dan ada satu nama yang tidak menjawab sedangkan ada tanda tangannya.

“Siapa yang tanda tangan ini?” Tanya pak Dosen dg sedikit mengancam

Meskipun saya tidak mengaku, mungkin tetap juga saya yang akan menjadi sasaran pandangan nanar teman-teman lainnya karena memang saya adalah teman dekat si penitip absensi itu. Ya sudah, saya mengaku saja. ^_^

“Saya, Pak”

Nama saya dan  seorang teman tersebut di lingkari pulpen merah di lembar presensi. Dan entah mengapa sejak saat itu saya jadi tidak suka mata kuliah mekanika tanah.

2. Usahakan tanda tangan yang simpel

Ini salah satu trik agar kita mudah untuk nitip absensi. Buat tanda tangan sesimpel mungkin.

Meskipun sudah terlanjur bikin tanda tangan yang sulit ditiru, Anda masih bisa menggantinya di semester berikutnya. Yang penting dalam satu lembar presensi tanda tangan Anda tidak berbeda. Dosen tidak mungkin ingat dengan tanda tangan sebanyak itu.

Ingat, ini bukan tanda tangan asli Anda, jadi tidak perlu terlalu bagus. Yang penting mudah.

Baca Juga: Dosen Sentimen Menghambat Kelulusan Mahasiswa

3. Jangan sampai ketinggalan pelajarannya

Meskipun Anda titip absensi bukan berarti Anda boleh ketinggalan pelajarannya. Anda harus tetap mengikuti pelajarannya. Misalnya dengan cara meminjam catatan teman untuk di fotocopy menjelang ujian ^_^. Biasanya catatan teman cewek yang paling rapi.

Ingat lagi tujuan Anda kuliah. Buatlah orang tua bangga dengan IPK Anda. Tentunya Anda tidak mau titip absensi terus-terusan, bukan? sampai semester 20?

4. Lakukan dengan alasan yang tepat

Alasan Anda titip absensi dan tidak mengikuti perkuliahan tersebut harus tepat dan kuat. Misalnya Anda tidak suka dan tidak merasa butuh dengan materi perkuliahan tersebut. Dan jika Anda masuk kelaspun Anda tidak memerhatikan dosen, itu sama saja buang-buang waktu.

Jika itu alasannya, saya rasa sudah tepat. Banyak hal bermanfaat lain yang bisa Anda lakukan daripada mengikuti kuliah yang tidak Anda sukai.

5. Jangan keseringan

Di antara kelima point yang ada, ini yang penting.

Meskipun sudah dicatat, terkadang point yang penting dari kuliah tersebut terletak pada saat mendengarkan Dosen berbicara. Pelajaran bisa kita copy dari buku. Sedangkan banyak ilmu lain yang bisa kita serap dari Dosen, seperti ideologinya.

Jangan di share, nanti bisa disalah gunakan ^_^

Jika tidak terlalu terpaksa dan berguna, jangan nitip absensi. @AfretNobel

Silakan kunjungi artikel lainnya

4 thoughts on “5 Hal Yang Harus Anda Pikirkan Sebelum Nitip Absensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s