5 Hal Yang Harus Anda Pikirkan Sebelum Nitip Absensi

Pernah nitip absensi waktu kuliah?

Udah… ngaku aja!

absensi

Setiap mahasiswa pernah melakukannya. Justru kalau gak pernah Anda harus melakukannya.

“Kenapa?”

Karena masa-masa seperti itu tidak terulang dua kali.

“Kok malah ngajarin yang gak bener sih mas Nobel?” 

Siapa bilang nitip absensi itu tindakan yang tidak benar? Sebelum menghakimi, sebaiknya Anda baca dulu 5 hal yang harus Anda lakukan sebelum nitip absensi: Continue reading

10 Macam Praktikum Teknik Sipil, Mana yang paling penting?

Teori tanpa praktek adalah omong kosong. Dan anggaplah omong kosong itu bulshit. ^_^

praktikum teknik sipilKebayang gak setiap hari kuliah hnaya di dalam ruangan, melihat dosen, melihat presentasi dosen yang gak berubah dari tahun ke tahun, melihat papan tulis? Menurut saya itu kurang variasi dan membosankan.

Kucing saja tidak mau makan ikan setiap hari, bukan?

Bersyukurlah bagi anda yang kuliah di jurusan teknik sipil. Selain mendapatkan kuliah teori, anda juga merasakan praktikumnya. Artinya bukan omdo, alias omong doang.

Seperti yang sama-sama kita ketahui:

Begitu banyak teori diperkuliahan yang tidak bisa dipraktekkan di kehidupan nyata.

Berikut adalah 10 Macam Praktikum Di Jurusan Teknik Sipil yang Perlu Anda ketahui: (mana yang paling penting menurut anda?)

Continue reading

Perhitungan Reaksi Tiang Pondasi Dengan Kombinasi Pembebanan Sni 1726 – 2012 & Program Safe 12

Tahukah Anda bagaimana menghitung reaksi pada pondasi tiang secara praktis?

Pada bangunan yang direncanakan menggunakan pondasi tiang, setelah melakukan analisis struktur dan memperoleh reaksi perletakan (support reaction), maka langkah selanjutnya adalah menentukan jumlah tiang pondasi yang digunakan.

Jumlah tiang pancang/bor diperoleh dari membagi reaksi perletakan (tidak terfaktor) dengan daya dukung ijin tiang yang telah direduksi 10%. Nilai 10% digunakan untuk mengantisipasi gaya akibat momen agar diperoleh hasil yg mendekati.

Dalam menghitung reaksi tiang yang terjadi pada tiang pondasi, kita menggunakan bantuan program SAFE. Sebaiknya Anda menginstalnya terlebih dahulu, karena jika dihitung secara manual akan menghabiskan banyak waktu.

Reaksi Tiang Pancang
Reaksi Tiang Pancang

Continue reading

4 Lapangan Kerja Bagi Lulusan Teknik Sipil

Sebelum memilih jurusan kuliah, tentunya setiap orang sudah punya tujuan kemana akan melanjutkan setelah lulus. Ada yang melanjutkan kuliah lagi ke jenjang yang lebih tinggi dan ada juga yang memutuskan meniti karir di perusahaan-perusahaan sebagai profesional.

Lapangan kerja bagi lulusan teknik sipil sangat beragam, mulai dari perusahaan konsultan, kontraktor, oil & gas, mining (tambang) maupun manufaktur. Sebelum memutuskan kemana akan melanjutkan bekerja setelah lulus, berikut ada 4 lapangan kerja bagi lulusan teknik sipil sebagai pertimbangan, sebenarnya masih banyak lagi.

1.Konsultan dan/atau Kontraktor konstruksi bangunan

Konsultan dan/atau Kontraktor
Konsultan dan/atau Kontraktor

Continue reading