6 Alasan Alumni Tidak Datang Ke Acara Reuni

Reuni berasal dari dua kata yaitu "Re" dan "Uni". Re artinya mengulang, dan Uni (uni eropa, uni soviet) artinya bersatu. Jika digabungkan maka "Reuni" diartikan menjadi bersatu kembali. (diartikan suka-suka oleh penulis) Reuni identik dengan bersatunya kembali orang-orang yang sudah lama berpisah. Reuni sangat menyenangkan bagi sebagian orang, namun bagi sebagian lain juga tidak menyenangkan. Sedangkan … Continue reading 6 Alasan Alumni Tidak Datang Ke Acara Reuni

2 Fungsi Keahlian Sketchup bagi Structure Engineer

Gak salah nih judulnya? Tidak, Anda tidak salah membaca dan saya tidak salah menulis. Bukannya sketchup ini untuk arsitek? Tidak selalu, Structure Engineer juga butuh dan perlu mempelajarinya. Apa fungsinya sketchup untuk Structure Engineer?... Keahlian sketchup bagi Structure Engineer merupakan nilai tambah tersendiri. Dengan menguasai sedikit keahlian yang ada pada software sketchup ini, maka Anda … Continue reading 2 Fungsi Keahlian Sketchup bagi Structure Engineer

Konsultan Struktur Tidak Penting

Kasus 1 Admin: Halo...konsultan struktur disini, ada yang bisa kami bantu? Pak Visioner : Halo konsultan struktur, saya mau konsultasi mengenai struktur bangunan. Admin: Silakan pak/bu. Pak Visioner : Begini ceritanya... Bangunannya sih sudah jadi. Saya bangun ruangan kantor dengan struktur baja 2 lantai. Tinggi bangunannya sekitar 2.70 meter. Panjang bangunan 11 meter, dengan jarak … Continue reading Konsultan Struktur Tidak Penting

Maafkan saya Pakai Software Bajakan

Sebagai seorang anak teknik sipil, baik yang bergelut di bidang struktur, geoteknik, maupun manajemen proyek, tentu membutuhkan software-software untuk mendukung pekerjaannya. Misalkan di bidang struktur, kita mengenal ada software analisa struktur seperti Etabs, SAP, Staad Pro, Sanspro, Midas, dsb. Dibidang geoteknik, ada software Plaxis. Sedangkan di manajemen proyek, minimal pakai Microsoft Excel dan Ms. Project. … Continue reading Maafkan saya Pakai Software Bajakan

Benarkah Kerja Di Kontraktor Bikin Jauh Dari Keluarga

Dekat dengan keluarga adalah dambaan banyak orang. Bisa setiap saat bersama keluarga adalah sebuah anugerah. Tanpa keluarga hidup serasa hampa dan lain sebagainya... Tahun 2013... Saya mau sharing sedikit cerita yang dimulai ketika saya memutuskan untuk keluar dari perusahaan yang baru enam bulan saya masuki. Perusahaan tersebut adalah perusahaan kontraktor spesialis Instalasi roofing and clading bangunan. … Continue reading Benarkah Kerja Di Kontraktor Bikin Jauh Dari Keluarga

Cara Menjelaskan Profesi Civil Engineer Pada Orang Awam Sesuai Kondisi

Sadarkah Anda bahwa sebagai civil engineer kita kurang dikenal? Kebanyakan orang-orang kalau bicara soal bangunan, mereka hanya tahu dengan arsitek, sedangkan civil engineer tidak. Betul? Mesakke (kasihan). Pernahkah Anda bertemu orang baru dan mereka bertanya apa pekerjaan/jurusan Anda? Kemudian Anda menjawab civil engineer sebagai jawabannya, namun mereka masih bertanya, apa itu civil engineer? Sabar, Anda tidak … Continue reading Cara Menjelaskan Profesi Civil Engineer Pada Orang Awam Sesuai Kondisi

5 Hal Yang Harus Anda Pikirkan Sebelum Nitip Absensi

Pernah nitip absensi waktu kuliah? Udah... ngaku aja! Setiap mahasiswa pernah melakukannya. Justru kalau gak pernah Anda harus melakukannya. "Kenapa?" Karena masa-masa seperti itu tidak terulang dua kali. "Kok malah ngajarin yang gak bener sih mas Nobel?"  Siapa bilang nitip absensi itu tindakan yang tidak benar? Sebelum menghakimi, sebaiknya Anda baca dulu 5 hal yang harus Anda … Continue reading 5 Hal Yang Harus Anda Pikirkan Sebelum Nitip Absensi

Konsultan Adalah Penasehat

Konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan dalam bidang keahlian tertentu. Konsultan struktur bangunan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan dalam bidang struktur bangunan. Seorang konsultan bukan merupakan pegawai perusahaan dari si pengguna layanan, melainkan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di perusahaan konsultan dan berurusan dengan berbagai pengguna layanan … Continue reading Konsultan Adalah Penasehat

Jangan Takut Ketemu Camer Karena 4 Alasan ini

Sebelum saya uraikan panjang lebar, sebelumnya saya jelaskan dulu apa definisi-definisi kata-kata berikut: Mertua; mertua adalah orangtua dari istri kita Calon Mertua; Calon mertua atau camer adalah orangtua dari calon istri kita Bertemu dengan camer / calon mertua merupakan momok yang menakutkan bagi sebagian orang, terutama mahasiswa, teknik sipil pula. Mungkin jika disuruh memilih antara … Continue reading Jangan Takut Ketemu Camer Karena 4 Alasan ini

10 Macam Praktikum Teknik Sipil, Mana yang paling penting?

Teori tanpa praktek adalah omong kosong. Dan anggaplah omong kosong itu bulshit. ^_^ Kebayang gak setiap hari kuliah hnaya di dalam ruangan, melihat dosen, melihat presentasi dosen yang gak berubah dari tahun ke tahun, melihat papan tulis? Menurut saya itu kurang variasi dan membosankan. Kucing saja tidak mau makan ikan setiap hari, bukan? Bersyukurlah bagi … Continue reading 10 Macam Praktikum Teknik Sipil, Mana yang paling penting?